Membuat Draft Slide PowerPoint dengan MS Word

Dengan MS Word kita dapat membuat outline yang nantinya diubah otomatis menjadi slide Powerpoint dengan cepat.

Saat pertama kali membuat slide PowerPoint maka kita biasanya harus membuat outline atau poin penting dari paparan yang nantinya dibuat dalam setiap slide. Untuk membuat rancangan slide ini tentu kita harus membuat slide satu persatu dan mengisinya dengan outline tersebut. Namun ada cara yang lebih mudah dan praktis dalam membuat draft awal PowerPoint ini, yaitu dengan menggunakan MS Word. Artikel ini akan membahas bagaimana trik tersebut dapat dilakukan.

Pertama, buatlah dokumen baru di MS Word. Isikan pada baris pertama judul dari slide ke-1. Kemudian tuliskan paragraf yang berisi outline yang nantinya akan menjadi isi dari slide ke-1. Pada judul slide kita harus menerapkan Style Heading 1.

Untuk isi dari slide, klik pada paragraf kedua dan terapkan Style Heading 2 pada paragraf tersebut. Jika isi dari slide lebih dari satu paragraf tambahkan di bawah paragraf yang sudah ada dan terapkan Style Heading 2 lagi.

Lakukan hal yang sama untuk rancangan slide kedua dan seterusnya. Setiap kali kita menambahkan judul dan menerapkan Style Heading 1 maka nantinya akan terbentuk slide PowerPoint baru. Jadi, apabila Anda akan membuat 10 slide PowerPoint maka Anda harus membuat 10 tulisan judul dan menerapkan style Heading 1 pada judul tersebut.

Setelah dokumen MS Word yang berisi outline ini selesai dibuat, simpanlah ke dalam dokumen MS Word seperti biasa. Sebelum berpindah ke PowerPoint sebaiknya tutuplah dokumen Word ini terlebih dahulu.

Langkah berikutnya bukalah aplikasi PowerPoint. Bukalah file Word yang sudah dibuat sebelumnya. Karena format file MS Word memiliki ekstensi DOC atau DOXC maka dalam pilihan ekstensi pilih All files (*.*) agar file Word dapat dibuka di PowerPoint.

Selanjutnya PowerPoint akan membuka file tersebut namun dalam format PowerPoint dan mengkonversi isi outline dari dokumen Word menjadi slide-slide PowerPoint secara otomatis.

Trik ini cukup menghemat waktu dalam membuat draft awal PowerPoint karena kita cukup menuliskan outline dalam bentuk tulisan-tulisan di Word dalam sebuah dokumen dan setelah draft dibuat maka kita tinggal membuka draft tersebut di PowerPoint tanpa harus membuat slide satu persatu. Slide yang sudah terbentuk di PowerPoint ini dapat disunting lebih lanjut  atau diperbaiki tata letaknya.

(Visited 3.347 times, 6 visits today)

Facebook Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *