Telolet, Palindrom dan Android

teloletedutekno

Telolet belakangan ini menjadi trending topik. Namun, tahukah anda hubungan antara telolet dengan palindrom dan Android?

Telolet adalah keisengan anak-anak di jalur pantura yaitu mereka berdiri di pinggir jalan dan menunggu bis lewat. Jika ada bis lewat mereka meminta sopirnya membunyikan klakson dengan suara khas, ya klakson telolet itu. Kejadian itu direkam di ponsel dan menjadi koleksi untuk lucu-lucuan. Belakangan telolet sempat mendunia dan menduduki trending-topic di twitter dan memancing keingintahuan banyak orang di seluruh dunia tentang apa itu telolet.

Di luar semua itu, tahukah Anda bahwa kata “telolet” adalah sebuah palindrom? Bagi yang belum tahu tentang palindrom berikut ini definisi dari Wikipedia: Palindrom adalah sebuah kata, frasa, angka maupun susunan lainnya yang dapat dibaca dengan sama baik dari depan maupun belakang (spasi antara huruf-huruf biasanya diperbolehkan). Contoh kata palindrom adalah “ini”, “malam”, “nababan” dan tentu saja …”telolet”. Contoh palindrom dalam bentuk frasa adalah nama sebuah grup band Asia-Amerika, yaitu Emily‚Äôs Sassy Lime. Tidak hanya dalam penulisan huruf latin, dalam Al-Quran ada juga sebuah frasa yang dapat dikategorikan sebagai palindrom dalam bahasa Arab, yaitu “rabbaka fa kabbir.” yang artinya “Agungkanlah Tuhanmu” (Al Muddatsir 73:3).
Dalam matematika dikenal juga bilangan yang disebut bilangan palindrom, misalnya 212, 2345432, dan lain-lain.

Lalu apa hubungannya dengan Android? Sebenarnya tidak ada hubungan langsung, cuman kalau mau buat permainan dan lucu-lucuan tanpa harus berjejer di jalan menunggu bis lewat yang bisa jadi juga cukup beresiko, kita dapat bermain-main dengan aplikasi Android sebagai simulasi klakson bis telolet. Aplikasi ini dapat diunduh dari Googel Playstore. Pada kolom pencarian Google Play silahkan diketikkan “edutekno”, atau klik link berikut.

https://play.google.com/store/apps/details?id=net.edutekno.telolet

google-play-badge

tunnamed

(Visited 263 times, 1 visits today)

Facebook Comments

Add a Comment

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *